Thursday, 08 Dec 2022
  • "Open PPDB TKIT Thariq Bin Ziyad 1 Nov 2021"

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Unit SDIT TBZ Serentak Mengadakan Program Bulan Bahasa Bagi Peserta Didik.

Bekasi (1/11/2022)- Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari jum’at 28 Oktober 2022, unit SDIT TBZ yaitu Jatimulya dan Pondok Hijau Permai serentak mengadakan program bulan bahasa untuk meningkatkan literasi dan kecintaan peserta didik kepada bahasa. Program ini berlangsung tanggal 28 – 29 Oktober 2022. Berbagai acara diagendakan dalam bulan bahasa tahun ini diantaranya yaitu : Peluncuran Buku ” Petualangan Sang Pena” yang merupakan karya dari peserta didik SDIT TBZ Jatimulya dari kelas 1-6, pelatihan untuk membangun literasi siswa dari Bapak Edi Dimyati dan Yudy Hariyanto (Aktivis Literasi DKI Jakarta), pameran buku, lomba English Conversation, Arabic dan English Song, Storytelling, Puisi, Bercerita.

Peserta didik SDIT TBZ terlihat senang dan antusias mengikuti program bulan bahasa. Berbagai kegiatan mereka ikuti diantaranya yaitu perlombaan, pelatihan literasi, serta melihat pameran buku di sekolah masing-masing. Pada program ini, pihak sekolah tidak hanya fokus kepada peserta didik namun juga mengundang orangtua dan POMG untuk ikut serta memeriahkan acara. Tujuan diundangnya orangtua dan POMG pada agenda bulan bahasa adalah agar terjalin silaturahim dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan orangtua.

Bebagai kegiatan dapat diikuti oleh para orangtua diantaranya senam, menari dengan berbagai kostum daerah dan kegiatan lainnya. Kegiatan bulan bahasa ini adalah kegiatan yang positif dan sesuai dengan visi dari kemendiknas. Berbagai kebijakan yang dibuat kemdiknas saat ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif, literasi peserta didik, serta kemampuan numerik/matematika.

Baca juga : Rihlah Ilmiah SDIT TBZ JTM 2022: Tumbuhkan Rasa Sayang Dan Empati Kepada Lingkungan

Baca juga : PETUALANGAN SANG PENA, KARYA SISWA-SISWI SDIT TBZ JATIMULYA DILUNCURKAN

Salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan literasi siswa adalah mendekatkan peserta didik dengan buku bacaan. Dengan berbagai macam buku bacaan serta waktu khusus untuk membaca, maka minat baca anak akan meningkat. Jika minat baca peserta didik sudah baik, maka mereka akan mudah untuk menyerap informasi dari apa yang mereka baca dan lihat. Sehingga nantinya akan mudah mengambil kesimpulan dan keputusan.

Mudah-mudahan kegiatan bulan bahasa dan kampanye untuk membaca bagi peserta didik dapat rutin dilaksanakan. Sehingga nantinya anak-anak Indonesia dikenal gemar membaca dan berwawasan luas serta dapat membawa bangsa Indonesia menjadi negara yang maju di masa depan. (fr)

Simak video : Program Bulan Bahasa Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda

KELUAR