Menu
School Info
Thursday, 16 May 2024
  • Shaleh & Cerdas
  • Shaleh & Cerdas

Thariq Preschool World Festival 2023 : Jelajahi Budaya Dunia Melalui Seni Tari.

Publish : Friday, 3 February 2023 - Category : Uncategorized

Bekasi (2/2/2023)- Setelah beberapa hari yang lalu SDIT TBZ Jatimulya sukses mengadakan event yang mengeskplorasi budaya berbagai daerah di Indonesia, pekan ini giliran TKIT TBZ yang mengadakan event penampilan bagi peserta didiknya yang diberi nama Thariq Preschool World Festival 2023. Acara ini berlangsung hari Rabu (1/2/2023) di Aula Islamic Center KH. Noer Ali, Kota Bekasi. Konsep acara yang ditampilkan oleh panitia pada event ini adalah performance dan parenting akbar yang meliputi tiga sesi yaitu : penyematan sertifikasi juz 30, talkshow parenting dengan menghadirkan Wina Risman, M.Ed (putri dari pakar konsultan keluarga Eli Risman) dan Dr. Faisal Sundani, serta penampilan seni tari dari peserta didik TKIT TBZ.

Pembukaan Acara

Thariq Preschool World Festival 2023 dipandu oleh dua orang MC yaitu perwakilan dari POMG dan salah seorang guru. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC dan Tasmi’ Qur’an Surat Ath-thariq yang dibacakan oleh dua orang peserta didiknya. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars A3B yang secara khusus dibawakan oleh Tim paduan suara POMG TKIT TBZ.

Penampilan Tim Paduan Suara POMG ini mendapatkan sambutan yang meriah oleh hadirin karena terlihat solid, seirama, dan bersemangat dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars A3B. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Direktur Utama LPIT TBZ yaitu Ust. Andang Hendar, MM yang juga secara langsung menghadiri acara ini. Dalam sambutannya beliau kembali menyampaikan pentingnya kerjasama dari segitiga emas yaitu guru, orangtua, dan peserta didik guna tercapainya tujuan pembelajaran dan perkembangan kompetensi anak.

Jalannya Acara Parenting

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyematan sertifikasi bagi 5 siswi TKIT TBZ yang sudah berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’an Juz 30. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Talkshow Parenting dengan menghadirkan Wina Risman, M.Ed (Konsultan Keluarga) dan Dr. Faisal Sundani.

Talkshow Parenting ini mengangkat tema ” Kembalikan Gadgetku, Ayah Bunda !”. Dalam pemaparannya, Wina menyampaikan bahwa perlunya antara suami sebagai “Kepala Sekolah” dan Istri sebagai “Madrasah” memiliki visi dan misi yang sama. Untuk menyatukan visi dan misi ini tentu tidak mudah. “Jangan sampai anak menanyakan tentang “pacaran” ke Ibu dan Ibu Bilang itu Haram, namun ketika si anak bertanya ke ayah maka dikatakan “Pacaran” boleh saja. Ini Berbahaya bagi anak ” ujarnya

Beliau juga menyampaikan bahwa Allah SWT menitipkan anak kepada orangtua dalam kondisi yang baik, maka sudah seharusnya kita rawat (fisik) dan isi (pikiran dan hati) anak-anak kita dengan banyak kebaikan sehingga jika tiba saatnya dikembalikan maka tentu dalam kondisi baik.

Gadget memilki dampak negatif yang sangat besar bagi anak, baik dari sisi fisik maupun mental. Dengan sering melihat gadget akan berdampak pada penglihatan anak yang akan terus memburuk seiring bertambahnya usia. Belum lagi konten negatif yang sering dilihat anak dalam gadget dapat merusak akal dan mental anak-anak kita. ” Mereka jadi tidak terbiasa untuk berkomunikasi dan bertatapan mata ketika berbicara dengan lawan bicaranya” ujarnya. ” Bagi orangtua yang saat ini masih memberikan gadget pada putra-putrinya terutama dibawah 17 tahun segera tarik kembali. Pasti akan ada perlawanan dari anak tapi Insya Allah tidak akan lama paling lama 3 hari” tambahnya. ” Ketika dahulu dengan mudahnya kita memberikan gadget dengan segala dampak negatifnya maka tentu sebagai orangtua pasti bisa untuk menarik gadget itu kembali demi perkembangan yang baik bagi anak-anak” imbuhnya lagi.

Pada sesi berikutnya Dr. Faisal Sundani menyampaikan peran penting hadirnya ayah dalam perkembangan anak. ” Hadirnya seorang ayah bagi anak-anaknya lebih penting dari memberikan materi” ujarnya. ” Bagaimana orangtua mau mengendalikan anak dalam penggunaan gadget kalau interaksi orangtua dengan gadget setiap hari tidak terkendali bahkan hingga berjam-jam dengan gadget ” imbuhnya.

Baca juga : EXPO Gebyar Talenta 2023 SDIT TBZ Jatimulya : Setitik Bakti Untuk Negeri.

Baca juga : Kisah Uwais Al-Qarni, Sahabat Yang Di Tinggikan Rasulullah SAW Karena Baktinya Kepada Ibu.

Penampilan Seni Tari

Setelah acara talkshow parenting, acara dilanjutkan dengan penampilan seni tari dari peserta didik TKIT TBZ mulai dari PG hingga TK B. Anak-anak kecil dan mungil TKIT TBZ terlihat ceria membawakan tarian dengan tema dari berbagai negara di dunia dengan balutan kostum yang sudah dipersiapkan panitia.

Para orangtua juga terlihat sangat antusias untuk mengabadikan momen tampilnya putra-putri mereka dengan bersama-sama maju ke dekat panggung utama untuk mengambil foto dan video.

Selamat kepada seluruh civitas akademika TKIT TBZ atas suksesnya penyelenggaraan Thariq Preschool World Festival 2023. Mudah-mudahan kerjasama segitiga emas antara orangtua, siswa dan guru senantiasa dijaga dan ditingkatkan agar terwujudnya generasi yang unggul baik akhlaq, Al-Qur’an, Akademik, maupun Bahasa. (fr)

Simak video : Thariq Preschool World Festival 2023

This article have

0 Comment

Leave a Comment

 

Lokasi

School Info

Islamic Preschool Thariq Bin Ziyad

NPSN 20269647
Jl. Toyogiri Selatan Rt. 04/08 Kel. Jatimulya Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi
PHONE 02182438714
WHATSAPP 622182438714